Sunnah Pulang

https://ghazicorner.blogspot.com/?m=1

Oleh Saliam Afillah

Serba Serbi Ghazi-Sungguh, berkemas untuk kembali pada keluarga selaiknya lebih bersungguh-sungguh daripada berhias menjelang berangkat. Sebab yang akan menyambut para suami di rumahnya bukan sekedar kepentingan, melainkan cinta dan kesetiaan. Seperti Nabi ﷺ dan 'Aisyah mereka saling menyandarkan kepala ke dada, menyimak tilawah atau berbagi syair serta cerita, berbonceng di atas tunggangan, menyaksikan pertunjukan dengan pipi menempel pipi, ataupun berlomba lari..

Kesegaran diri dalam pulang akan menjadi asas pewarisan nilai iman, Islam dan ihsan. Inilah barangkali mengapa Rasulullah ﷺ selain sebelum shalatnya senantiasa bersiwak dan berharuman saat akan masuk ke rumah.

Rasulullah ﷺ bersama sahabat ketika kembali dari perjalanan jihad tak langsung memasuki Madinah melainkan berkemah di mata air sejelang kota. Agar para suami yang pulang ini mandi bersuci, bersiwak berwewangi, menipiskan kumis, merapikan janggut, dan memakai pakaian yang indah dan rapi. Dan agar para istri di rumahnya juga telah menyiapkan sambutan; diri yang jelita, dandanan memesona, hidangan yang lezat, serta rumah yang tertata.

Demikianlah agar perjalanan jihad itu tetap terjaga keagungannya di mata sang istri. Demikianlah agar safar dakwah itu tetap terjaga kemuliaannya di pikiran anak-anak. Demikianlah agar kegiatan berkah itu tetap terjaga keindahannya di dalam hati seluruh keluarga. Demikianlah agar seluruh isi rumah berada dalam derap perjuangan yang senantiasa penuh gairah.

Ini latihan pulang kita. Sebab pulang sejati nanti haruslah sebaik-baik diri, pulang kepada Ilahi.
_____
Para istri, silakan mensyen suami yang sudah mengamalkan SUNNAH PULANG, boleh juga men-TAG agar yang belum mengamalkannya.

Sederhana. Tapi penting. Sebagaimana IBU-IBU, seharusnya DANDAN menyambut suami pulang lebih CANTIK daripada kalau pergi ke pengajian.

Kasihan Ustadznya berat jaga pandangan.😷😷😷

Post a Comment

1 Comments

  1. Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
    Kesempatan Menang Lebih Besar,
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

    ReplyDelete