Wisata Air Panas Rimba Panti Sampai ke Puncak Tonang Pasaman Timur Yang Mempesona

Wisata Air Panas Rimba Panti Sampai ke Puncak Tonang Pasaman Barat Yang Mempesona
Jalan yang membelah Rimba Panti
Fiks efek dan dampak kabut asap akhirnya harus mengungsikan mas Thariq dan adik Aisyah, kekampung nenek. Ya di Pasaman  Timur. Pengungsian ini juga rupanya menjadi ajang silaturahmi dengan keluarga yang di Pasaman kebetulan sudah sangat lama tidak bersua. Keluarga istri berada di Kecamatan Panti tepatnya. Udaranya masih sangat segar karena di kelilingi perbukitan, padahal kabut asap samar-samar juga sudah terasa aromanya, namun tidak separah di kota Pekanbaru.

Kesempatan mengungsi ini tentunya tidak dilewatkan begitu juga, akhirnya qta masksimalkan juga untuk memuaskan nafsu Adventure keluarga kami. kebetulan di kabupaten Pasaman Timur sangat banyak sekali lokasi wisata alam yang dapat kami eksplorasi. Pada penasarankan wisata apa saja yang kita eksplorasi.  baca terus blog ini ya sobat:

1. Wisata Air Panas Rimba Panti

Wisata Air Panas Rimba Panti Sampai ke Puncak Tonang Pasaman Barat Yang Mempesona
Wisata Air Panas Rimba Panti

Wisata air panas Rimba Panti memang menjadi ikon utama kecamatan Panti di Kabupaten Pasaman Timur yang beribukota di Lubuk Sekaping. Sampai saat ini wisata air panas yang berada di tengah hutan ini masih terus dijaga kelestarianya begitu juga dengan hutan yang mengililinginya. Walau ada juga tangan-tangan jahil yang mencoba untuk mulai merambah rimba atau hutan panti ini, padahal hutan tersebut adalah termasuk cagar alam yang sangat di lindungi.

Dulunya Rimba Panti sangat terkenal dengan penghuni hutanya yang sangat garang yaitu Harimau Panti. Tapi sekarang tidak dapat diketahui apakah masih ada atau tidak binatang yang satu ini, untuk saat ini binatang yang masih mendominasi Rimba Panti adalah Monyet.

Pembukaan hutan rimba panti oleh masyarakat dilakukan untuk membuka lahan pertanian, diantaranya adalah dengan mengganti tanaman hutan dengan tanaman serai wangi. Akibat dari pembukaan lahan ini tentunya akan berakibat pada ekosistem disekitarnya.

Wisata Air Panas Rimba Panti Sampai ke Puncak Tonang Pasaman Barat Yang Mempesona
Adik Aisyah dilokasi Air Panas Rimba Pnati

Kembali kewisata utama Air Panas Rimba Panti, air panas ini mucul memang dari aktivitas magma yang ada di perut bumi, kebetulan daerah ini juga masuk dalam lintasan cincin api sehingga aktivitas panas buminya sampai keprmukaan bumi. Di lokasi ada banyak titik sumber air panas yang muncul kepermukaan sehingga banyak spot yang dapat digunakan untuk berfoto pagi yang hobi slefie.

Jalan menuju lokasi wisata air panas juga tergolong sangat mudah untuk dilalui karena memang posisinya yang berada dipinggir jalan.  Biasanya para wisatawan datang kesini untuk merebus telur bahkan sampai ada yang datang untuk mandi. Konon katanya mandi di pemandian air panas dapat menjadi obat bagi orang yang terkena penyakit kulit, hal ini disebabkan oleh kandungan sulfur yang ada pada air panas.

Nah buat para sobat yang suka wisata alam dan tidak meletihkan Air Panas Rimba Panti bisa menjadi pilihan karena lokasinya yang mudah dijangkau dan banyak juga orang yang berjualan di sekitar lokasi sehingga bisa dengan mudah untuk membeli barang yang kita butuhkan.

2. Wisata Puncak Tonang

Wisata Air Panas Rimba Panti Sampai ke Puncak Tonang Pasaman Barat Yang Mempesona
Wisata Puncak Tonang PasamanTimur
Jangan berfikir bahwa gambar yang kami tampilkan ini berasal dari Puncak yang ada di jawa (Bogor) ini beneran Puncak yang ada di Kabupaten Pasaman Timur, nama wisatanya adalah Puncak Tonang, kalau dari namanya sepertinya wisata ini memang diharapkan bisa memberikan ketenangan bagi siapa-pun yang berkunjung kelokasi ini.

Wisata Air Panas Rimba Panti Sampai ke Puncak Tonang Pasaman Barat Yang Mempesona
Mas Thariq di Puncak Tonang
Eits tunggu dulu untuk sampai kelokasi ini butuh perjuangan loh Guys, karena namanya puncak tentu harus didaki dahulu. Perjalanan untuk sampai kelokasi bisa ditempuh dengan kendaraan roda 4 sekita 15 menit dari simpang jalan lintas utama Kabupaten Pasaman Timur, kemudian perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki mendaki yang membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit. Lumayanlah buat pemanasan kalau ingin daki puncak marapi di Koto Baru. Tapi g usah khawatir bagi yang g mau jalan kaki ada mode transportasi yang menawarkan jasa untuk mengantar keatas yaitu dengan naik ojek yang biayanya sekitar Rp 10.000,-.

Bagi yang naik keatas dengan berjalan kaki akan terbayar letih dalam perjalanan dengan melihat hamparan bunga berbagai warna yang sangat indah sekali, jadi seperti lokasi shooting film-film india yang romantis itu. Diatas juga ada banyak tanaman buah mulai dari jeruk, terong belanda dan strowbery. Tapi sayangnya kemaren buah-buah tersebut belum boleh di petik kata petugasnya.

Wisata Air Panas Rimba Panti Sampai ke Puncak Tonang Pasaman Barat Yang Mempesona
Adik Aisyah di Puncak Tonang
Puncak tonang memang sangat memanjakan para wisatawan yang menyenangi fotografi. Karena banyaknya spot-spot super keren. Selain itu lokasi diatas yang sangat tenang, dingin atau sejuk banget, memang sangat pas untuk melepas kepenatan aktivitas perkantoran. Yang enaknya lagi wisatawan yang datang tidak begitu ramai sehingga membuat wisata ini sangat mempesona.

Jadi kalau jalan-jalan ke Kabupaten Pasaman Timur wajib ni untuk dimampiri sekedar untuk melepas penat.


Post a Comment

0 Comments