Check In

Check In

========
Bismillah..

Di Pekan ke 4 Program Mentorsip kelas kupu-kupu kali ini adalah tahapan yang diistilahkan dengan Check-in. Tahapan ini membantu mengevaluasi proses pendampingan Mentor terhadap Mentee dan menilai apa yang perlu direvisi.
Pada tahapan ini, Mentor dan Mentee ataupun sebaliknya harus memahami dan saling terbuka apakah itu terkait kenyamanan kita berkomunikasi, waktu mentorsip ini apakah maenjadi prioritas bersama, bagaimana tindak lanjut dari program pendampingan ini.  Untuk itu Masing-masing kami diharapkan bisa ngobrol lagi dg mentor/menteenya.

Sebagai seorang mentee, alhmdulillah aku sangat paham sekali dengan aktivitas mentorku yang juga mengambil peran di ranah publik, dan beliau juga secara terbuka sudah menyampaikannya. Di samping itu aku juga menyadari bahwa mentee beliau tidak hanya 1 orang . Masya Allah, aku merasa sangat bersyukur sekali beliau masih menyempatkan waktu untuk memberi masukan-masukan terkait program dan target yang sudah aku rancang sebelumnya..😍
Terkait waktu diskusi juga beliau sangat flexible dan wellcome. Terimakasih mba mentorku yang baik..😘

Nah, untuk peran sebagai mentor, aku merasa masih belum sepenuhnya menjadi mentor yang baik.. (Maafkeun ya teman2..) Hal ini dikarenakan terkait skill yang aku kuasai ini sebahagian besar digunakan pada moment khusus/tertentu. Sesuai namanya, membuat kue lebaran, jadi memang sebahagian besar kami sudah mengexplorenya di saat Ramadhan kemaren..😁
Sementara target2 lain dari teman-teman mentee tidak hanya kue lebaran, dan beberapa ada yang tidak terlalu aku pahami. Jadi kami sifatnya lebih ke belajar bersama..hehe.
Sejauh ini aku sudah utarakan yang aku rasakan dan yang aku pahami. Aku juga sudah menyampaikan kalau ada yang merasa 'tersesat' dan ingin pindah mentor dipersilahkan 😊 Alhmdulillah teman-teman masih belum ada yang bilang mau pindah hehe.. Beberapa mentee juga sangat aktif diskusi dan melaporkan perkembangannya..😍
Masya Allah senang sekali rasanya melihat teman-teman yang begitu bersemangat untuk belajar..😘
Karena masing-masing kami punya kesibukan dan ada yang mengambil peran juga di ranah publik, bahkan satu orang ada yang berdomisili di luar Negri dengan perbedaan waktu lebih kurang 5 jam dengan Indonesia, jadi kami sudah menyepakati bahwa komunikasinya flexible saja dan alhmdulillah teman-teman mentee juga sepakat. Terimaksih ya teman-teman atas pengertiannya.. aku belajar banyak hal dari kalian..😘

Balik lagi ke aku sebagai seorang mentee ya..😁
Di pekan ini, sesuai dg tujuan dan target yang sudah aku diskusikan bersama mentor di pekan lalu, adalah Mengenal jenis-jenis roti dan bahan dasar roti. Setelah mencari di berbagai situs website, yang banyak aku temukan adalah berbagai jenis roti yang masih asing di telingaku hihi.. banyak yang muncul roti-roti khas western. Nyebut namanya aja susah, apalagi membuatnya mungkin  😂 (jangan sampai makannya juga susah ya 😆)
Mentorku menyarankan mulai belajar yang standar saja dulu, dari roti manis. Saran mentorku ini pas banget ternyata dengan tujuan  yang sudah aku buat 😍
Tadi juga dikasih tips-tips dalam pembuatan roti dan juga bahan dasar pembuatannya. Selanjutnya kata mentorku harus sering-sering praktek. Nah.. ini nih yang harus kuat hati untuk menjalaninya 😂
Alhmdulillah, diskusi sama mentor tadi sangat mencerahkan. Terimakasih mentorku 😍😘
Semoga tujuan yang sudah aku rancang di program mentirship ini bisa sukses, aamiinn..

Mohon doanya ya teman-teman 😊

#jurnalke4
#tahapkupukupu
#buncek1
#institutibuprofesional

Post a Comment

0 Comments