Serial Parenting: Petualangan Indiana Jones

https://ghazicorner.blogspot.com/?m=1
Sumber Gambar Wikipedia

Oleh Harry Santosa

Parenting Corner - Indiana Jones, ini film favorite saya waktu masih SMP, sama favoritenya dengan kisah Winetou karya Dr Karl May. Dunia petualangan baik dalam imajinasi yang dituangkan ke film, atau novel atau bahkan nyata seperti naik gunung, selalu menjadi inspirasi hebat dalam menjalani kehidupan. 

Life is journey, ya hidup itu sendiri adalah perjalanan, Rasulullah SAW menyebutkan dengan istilah bahwa kita adalah musafir di dunia, atau dengan kata lain kita sekarang sedang berpetualang di dunia. Namun tentu bukan sembarang berpetualang, namun petualangan untuk kembali pulang menuju Allah SWT. 

Sebagaimana orang yang berpetualang tentu hal yang utama diperlukan ada 3, yaitu yang pertama adalah keyakinan kepada Allah SWT yang akan memberikan kita keberanian yang besar sekaligus rasa penasaran yang hebat untuk terus menjelajah sampai akhir, yang kedua adalah kompas atau petunjuk jalan atau Kitabullah yang memandu perjalanan agar arahnya benar, dan yang ketiga adalah Petajalan. 

Seperti film Indiana Jones, sebuah petualangan seorang professor Sejarah yang selalu dimulai dari keinginan menolong atau menyelamatkan sesuatu dengan menuju ke suatu tempat. Petualangan dalam perjalanan menuju ke tempat yang dituju itu penuh misteri dan marabahaya. Dan yang justru menantang dan seru adalah bahwa petajalan yang ada tidak detail. Detailnya diperoleh sepanjang perjalanan.

Petajalan yang diperoleh di awal selalu seperti petabuta yang hanya menggambarkan titik simpul - titik simpul perjalanan tanpa kordinat yang jelas. Hanya berupa gambar besar dengan beberapa milestone menuju ke suatu tempat rahasia. 

Justru keindahan perjalanan diperoleh ketika kordinat detail petajalan itu ditemukan satu demi satu di sepanjang perjalanan, sepanjang terus menempuh perjalanannya dengan sungguh sungguh. 

Seperti permainan mencari jejak dalam Pramuka, pos berikutnya baru diketahui setelah mencapai pos sebelumnya.

Indiana Jones mengawali perjalanannya karena ada rasa terpanggil untuk menolong ummat manusia. Lalu tanpa sengaja menemukan petajalan yang tidak rinci walau ada milestone tanpa kordinat menuju tujuan. 

Namun Indiana Jones memiliki keyakinan yang besar, juga selalu membaca petunjuk berupa catatan catatan ayahnya maupun ayat dalam alKitab (versi petunjuk kebenaran menurut film) 

Begitulah dalam kehidupan, kita harus memiliki keyakinan, kompas sebagai petunjuk jalan dan petajalan. Nah petajalan itulah misi hidup kita di dunia untuk menolong ummat atau melakukan suatu yang besar demi agama Allah dalam rangka menuju Allah. 

Jelas Misi Hidup jelas harus berorientasi kepada Allah. Tanpa Allah maka tiada Purpose atau maksud penciptaan. Tanpa purpose maka jelas tiada Tugas dalam kehidupan atau alasan kehadiran di dunia. Tanpa tugas maka hidup tak akan berarti dan tak bermakna. 

Rasulullah SAW pernah menggambarkan di pasir, beberapa buah garis, yang pertama garis lurus, kemudian garis lainya ke kiri dan ke kanan. Lalu membuat border yang melingkup semua garis dan mengatakan inilah ajal. Beliau berpesan, janganlah banyak angan angan atau obsesi, karena ketika sibuk menjalani angan angan lalu ajal datang maka menjadi tak bermaknalah hidup kita. 

Maka temukan petajalan menuju Allah dan fokus menjalaninya. Bagaimana menemukan petajalan?  Pertama, mintalah dengan sungguh sungguh kepada Allah agar ditunjukkan petajalan yang benar karena hanya Dialah Yang Paling Tahu Siapa yang paling benar jalannya. 

Kedua, renungkanlah, kenali dan selamilah diri kita, karena petajalan itu ada dalam kadar kadar fitrah kita di dalam diri kita sendiri, yaitu apa yang menggebu gebu dalam jiwa untuk diperjuangkan dengan suatu solusi yang kita dimudahkan melakukannya. Dengarkan suara hati, sucikanlah jiwa agar bisa presisi menangkap suara hati. 

Yang ketiga temukan Clue atau petunjuknya di dalam Kitabullah. Dalam hal ini Kitabullah berperan sebagai petunjuk yang memandu petajalan apabila sudah ditemukan, juga petunjuk yang memandu menemukan petajalan apabila belum ditemukan.

Tentu harus ada tindakan nyata untuk memenuhi dan membuktikan 3 hal di atas. Itulah yang dilakukan Indiana Jones, dengan petajalan yang diyakini, ia menempuh jalan mendaki lagi sukar, sebuah petualangan penuh misteri, berbahaya dan mendebarkan. 

Orang jahat dan orang baik, keberuntungan dan penderitaan datang silih berganti, semakin lama semakin ditunjukkan kordinat kordinat dalam petajalannya sehingga semakin terungkaplah misteri dan semakin teranglah perjalanannya menuju titik tuju. 

Maka dalam kehidupan, sepanjang sudah meyakini apa yang akan diperjuangkan walau belum detail, sambut saja keyakinan itu, itulah petajalanmu, itulah misi hidupmu, tempuhlah perjalananmu, mulai dari yang sederhana, tak perlu mengada ada, apalagi menunggu semua ada. InsyaAllah, akan ditunjukkan detailnya dan solusinya sepanjang perjalanan.

#fitrahbasedlife #fitrahworldmovement

Post a Comment

0 Comments