Yang Membuatmu Berbinar Bahagia

  1. Yang Membuatmu Berbinar Bahagia


“Alangkah syahdu menjadi kepompong; berkarya dalam diam, bertahan dalam kesempitan.

Tetapi bila tiba waktu untuk jadi kupu-kupu, tak ada pilihan selain terbang menari, melantun kebaikan di antara bunga, dan menebar keindahan pada dunia.

Alangkah damai menjadi bebijian; bersembunyi di kegelapan, menanti siraman hujan, menggali hunjaman dalam-dalam.

Tetapi bila tiba saat untuk tumbuh dan mekar, tidak ada pilihan kecuali menyeruak menampilkan diri; bercecabang menggapai langit, membagikan buah manis di setiap musim pada segenap penghuni bumi.”

(Salim A. Fillah)

===========
Masya Allah.. Alhmdulillah... waktu begitu cepat berlalu.. sudah masuk kelas Bunda Cekatan aja. Kalau dibayangkan, rasanya nggak sanggup melaluinya, makanya dijalani saja. 😎 Mulai dari matrikulasi, lanjut bunda sayang dan sekarang sampai di gerbang bunda cekatan.. yeaayyy 😍

Ada 4 tahapan yang harus dilalui di kelas bunda cekatan ini
1. Kelas Telur - Telur
2. Kelas Ulat - Ulat
3. Kelas Kepompong
4. Kelas Kupu - Kupu

Untuk konsep belajarnya sendiri sebagaimana yang dipaparkan Bu Septi di materi awal, sama seperti konsep belajar anak-anak, dimana anak-anak itu tidak menolak  4 hal yaitu Dongeng/kisah, bermain, hadiah dan terakhir adanya kejutan-kejutan.. wow.. penasaran benget sama kejutannya 😁

Berbeda dengan kelas bunda sayang sebelumnya yang harus menyelesaikan games minimal 10 hari dalam setiap level (total 12 level), kali ini di bunda cekatan cukup mengerjakan jurnal, minimal 1 jurnal per pekan sesuai dengan tema yang telah ditetapkan dari Institut. Karena yang ada di pikiran aku jurnal itu seperti karya ilmiah pada umumnya, awalnya langsung shock deh tu. Huhu
Tapi, setelah mendengar penjelasan dari bu septi bahwa para mamak di kelas bunda cekatan ini bebas, merdeka mau buat jurnal seperti apapun, tidak ada aturan baku.. Yeaayyy senangnya.. merdeka belajar, asal bahagia yakan mak.. 😍😍😍

So.. mari kita masuk ke kelas telur-telur..

Di kelas ini, masing - masing kami harus menemukan minimal 5 telur hijau. Apa itu telur hijau? Telur hijau adalah sesuatu yang membuat matamu berbinar bahagia saat menjalani atau mengerjakannya.. yang nantinya ini akan menjadi kekuatan kami masing2 😍

Untuk memudahkan penemuan telur-telur hijau ini, Mari kita buat dulu tabel kuadran suka, tidak suka, bisa dan tidak bisa ya. Check it out.

Yang Membuatmu Berbinar Bahagia

Yang Membuatmu Berbinar Bahagia

Ternyata, yang bikin aku bahagia ini nih..
1. Memasak
Dulu sekali, memasak adalah kegiatan yang kurang menyenangkan terutama saat masih sendiri. Tapi, seiring berjalannya waktu, berhasil membuat hidangan meskipun sederhana untuk orang-orang tersayang sungguh membuat bahagia, hilang rasanya penat berjibaku di dapur tadi. Hihi
Aku jadi semakin rajin coba - coba resep.. meskipun setelahnya rada malas cuci perkakas πŸ˜…

2. Membaca Novel
Secara umum membaca adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi aku pribadi. Alhmdulillah sejak kecil, Ayah sudah membiasakan kami dengan buku. Bahkan konon dulu sewaktu masih kecil, kami pernah punya tempat penyewaan komik yang dihandle oleh kakakku 😍
Yang aku ingat sampai saat ini adalah komik ko ping ho. Ingat judulnya doank πŸ˜…
Khusus novel, membuat mataku semakin berbinar. Imajinasiku langsung berselancar diantara lembaran-lembaran novel yang dibaca 😍

3. Jualan
Kami adalah kelurga minang yang identik dengan istilah 'panggaleh' hehe
Tapi, lebih dari pada itu semangat berdagang kudapati setelah memahami bahwa sesungguhnya Rasulullah adalah seorang pedagang, pintu-pintu rezeki banyak terbuka melalui berdagang, dan berdagang juga sekaligus membuka silaturrahmi. Aslinya, aku mah pemalu atuh.. 😎
Aheyy... πŸ˜‚

4. Menulis
Dari awalnya terpesona dengan kisah-kisah keren di novel yang pernah dibaca, imajinasi penulis yang kadang diluar nalar, ibarat pepatah minang 'alun takilek, lah takalam', maka penulis menjadi cita-citaku selanjutnya.

5. Fotografi
Untuk saat ini, fotografi masih di tingkat hobi, belum paham tekhnik2nya sebenarnya. Dan juga terbatas masih pada foto produk jualan hehe. Iseng saja awalny, tapi begitu dijalani, eh kok seru ya.. 😍

Sementara, itu 5 hal yang bikin aku happy dan berbinar-binar.. bismillah, semoga telur-telur ini terjaga hingga nantinya bisa menjadi kupu-kupu cantik yang melantun  kebaikan dan memberi keindahan pada dunia.. aamiinn😊 


#janganlupabahagia
#jurnalminggu1
#materi1
#kelastelurtelur
#bundacekatan1
#institutibuprofesional

Post a Comment

0 Comments