Zona Xtra Miles Pekan ke 2




====================

Bismillah... memasuki pekan ke dua di zona Xtra Miles.. ❤💪

Setelah huddle bareng Founding Mather di Hexagone City, bismillah menjadi booster semangat untuk terus berjuang menyelesaikan tantangan di Kota Hexagon ini..💪
Seperti Xtra Miles pribadi yang sudah kutetapkan pada pekan sebelumnya, sebenarnya sejak itu aku sudah mulai menjalankan apa yang sudah dicanangkan, salah satunya yaitu Eksekusi 2 resep per pekan di mana target sebelum-sebelumnya adalah minimal 1 resep per pekan saja. Dan kali ini pun tidak terbatas hanya pada jenis dessert yang memang menjadi fokus passionku sejak awal bergabung di Hexagon City, tetapi mencakup semua jenis masakan baik dessert, appettizer, main course maunpun bavarage. Diantara resep yang berhasil ku eksekusi sejak zona Xtra Miles ini adalah : Soto Lamongan, Sarden Homemade, agar jelly, Kreasi bubur kacang hijau + ketan, dan juga mulai membuat stok bumbu di kulkas sehingga waktu memasak menjadi lebih efisien. Untuk kreasi bubur sendiri dalam 2 pekan terakhir ini sudah 3 kali dieksekusi karena memang favorit anak - anak banget, mereka selalu saja minta dibuatkan.. 😅. Sayangnya dari beberapa hasil eksekusi tersebut, tidak ada yang terdokumentasikan dengan baik hikz.. banyak banget kendalanya saat itu. Anak-anak yang sudah tidak sabar ingin segera nyicip, meski sebenarnya kadang dibuat dalam porsi banyak yang bisa disisihkan untuk pepotoan, tetap saja mamak susah untuk melakukannya. Anak-anaknya minta disuapkan atau ditemani makan juga, terus hapenya sudah keburu dibawa si abi ngantor, pulangnya sore keburu habis deh tu masakannya..😂😂😂. Mau masak malam hari pun aku sudah tidak sanggup gaess, keburu tepar aku, dan juga itu melanggar kode etik dan jam kerja mamak di dapur wkwkwkw... 😎
Nah.. sebelum adanya challenge dari founding mother pada live hari rabu kemaren, aku sebenarnya sudah punya target untuk pekan ini harus bisa pepotoan walaupun cuma satu. Dan jujur saja sebenarnya aku sudah terlambat menyimak materi dari Bu Septi (maafkeun Aku Ibu..hikz), tapi alhmdulillah ternyata momentnya pas, lagi ada challenge go to Xtra Miles, Xtra Ordinary dan Xtra Impact. Jadi, meskipun kreasi bubur kacang hijau itu sudah sering dieksekusi, tetapi untuk pengambilan fotonya membutuhkan effort yang luar biasa besar, baik dari segi waktu dan tekhnik pepotoanku yang masih minim banget. Saat ini aku masih belajar otodidak, sering berlatih dan membaca referensi ataupun ATM beberapa food fotografi dari internet yang tema makanannya mirip dengan yang sedang aku eksekusi saat itu.

Bismillah.. ini Challange Deep Dive aku yang sudah berjalan selama 1 pekan terakhir (17 - 22 Desember 2020)
Solusi : Menambah Jam Terbang Eksekusi Resep dan Optimalisasi Peran untuk PP CH (Editor buku resep)
 
 
Untuk Xtra Miles pribadi, aku sudah bertekad untuk konsisten eksekusi minimal 2 resep per pekan, recook minimal 1 resep teman-teman untuk ebook PP CH. Dan pada pekan ini bertepatan pula memasuki Milestone ke 2 PP CH 6 Ratu Dapoer, yaitu bagian Editor ebook dimana target waktunya itu 3 pekan dimulai sejak tanggal 14 Desember 2020. Aku pun bertekad akan menyelesaikan tugas tersebut sebelum 3 pekan mengingat jadwal HPL ku di bulan depan yang artinya masih di tahap M2 PP CH 6, jadi aku ingin menyelesaikan terget edit-edit ini sebelum masa HPL itu masuk.

Alhmdulillah, pada tanggal 18 Desember 2020 aku berhasil eksekusi kreasi bubur kacang hijau ketan jelly, dimana pembuatan jellynya aku eksekusi pada sore hari tanggal 17 Desember 2020, malam harinya aku lanjut googling untuk konsep fotonya sambil mempersiapkan properti agar besoknya saat take foto tidak terburu-buru lagi karena panggilan anak-anak atau ditinggal pergi hape..hahaha... kesiannya kamu mak..😆😆😆
Keesokan harinya (18 Des 2020), setelah subuh aku ke dapur dengan semangat 45 ( tepatnya sudah mau jam 6 sih mak 🙊, karena aku ada target lain yang mesti dikholaskan dulu sebelum jam 6, biar dapat onta #eh wkwkwk.. insya Allah bukan itu tujuan utamanya ya gaess, kelarkan urusan dengan Allah sebelum memulai aktifitas biar seharian itu segala yang sudah kita rencanakan Allah berkahi dan Allah selesaikan satu per satu semuanya... aamiinnn❤) bismillah semangat mak 💪
Alhmdulillah sebelum pukul 07.00 wib, burjo ketan jelly sudah siap dihidangkan dan difoto terlebih dahulu tentu saja.. 😆😎. Thanks to my beloved honey yang sudah handle anak-anak di pagi hari, memandikan, pakein baju, ngebedakin dan selalu lupa untuk nyisirin rambutnya, terutama si princess Aisyah..hihi.. sbenarnya nggak lupa sih, anaknya yang memang kadang nggak mau di bagian sisir menyisir rambut itu, selalu saja mesti ada adegan kejar-kejaran. Abinya yang lagi nggak mau repot ya dibiarin aja tu anak rambutnya berantakan, itu nanti bagian mamak saat sebelum anak-anak menyantap sarapan mereka.. baiklah beib..😂
 
https://ghazicorner.blogspot.com/?m=1

 
Selanjutnya untuk target edit ebook PP, pada tanggal 19 Desember 2020, aku sudah menyelesaikan setengahnya dari total 50 resep (maaf ralat pada gambar di atas ya, di sana aku buat di kolom tanggal 18 Desember 2020 😁) dan sekaligus aku persingkat lagi targetnya bahwa edit ebook itu harus selesai dalam pekan ini juga, maksimal hari senin, 21 Desember 2020 Insya Allah dan aku juga sudah merencakanan mau eksekusi resep lagi di hari ahad. Meskipun ternyata baru bisa eksekusi hari seninnya, tapi di hari ahad aku sudah menyelesaikan edit 40 resep.. alhmdulillah, yeaaayy... 😍😍😍

Mungkin sebahagian orang (termasuk aku juga kadang-kadang hihi), di hari senin itu bawaannya spanduk 'I hate Monday', tapi aku love very much senin 21 Desember 2020 kemaren... 😍😍😍 why???? Karena..
- Alhamdulillah kelaar edit 53 resep. Ternyata ada yang kirim resep lebih. Masing-masing kami harusnya kirim 5 resep sesuai passion yang sudah dipilih (Dessert, Bavarage dan Main Course), tapi ada satu orang yang kirim 8 resep.. masya Allah, kereen mba Rani..😍
 
https://ghazicorner.blogspot.com/?m=1
https://ghazicorner.blogspot.com/?m=1
https://ghazicorner.blogspot.com/?m=1

- Bisa eksekusi resep lagi, kali ini resep main course. Gulai 3 T alias Telor, Tahu dan Tempe 😁. Sebelumnya aku sudah pernah masak gulai juga, tapi bedanya kali ini bumbunya spesial diracik sendiri, biasanya beli bumbu giling ke tukang jual bumbu, hihi. Dan kata suamiku gulainya enak.. 😍 , apalagi ada jebakan rawitnya yakan beib.. 😂
 
https://ghazicorner.blogspot.com/?m=1

 

- Aku juga sudah mulai rajin membuat infused water untuk bekal minum suami di tempat kerja, dan responnya pun seneng banget lah dia dibekalin itu.. 😘
 
Masya Allah.. Alhamdulillah.. tantangan di Zona X Miles ini memang betul-betul menjadi Xtra Miles banget bagi aku pribadi. Dengan kondisi aku yang sekarang ini, Membimbing princess sholeha TT (plus menchallengekan diri untuk menulisakan jurnalnya juga setiap hari), lagi hamil berat 8 bulan, anak sulung yang juga sedang aktifnya dan butuh pengawasan ekstra terutama saat dia bereksplorasi di luar rumah sementara si abi tetap WFO, jadilah mamak yang harus handle sendiri semua sampai sore jadwal pulang kerja abi. Si princess sholeha Qadarullah juga sakit 3 hari yang lalu, di saat mamak lagi kejar tayang bagian mamak di PP dan si anak yang minta perhatian lebih, mau tidak mau harus mengurangi jam tidur di saat mata yang sebenarnya sudah beraat minta dipejamkan, dimana jadwal tidur anak gadis dan anak lanang ini beda-beda pula, giliran yang satu tidur, yang satunya bangun, begitu sebaliknya, jadi waktu untuk mengerkan PP dan Xmiles pribadi kadang susah banget memanagementnya..😂😂😂
Tapi alhmdulillah, karena dihadapi dengan hati yang lapang dan bahagia, semua bisa dilewati satu persatu.. 💪💪💪 Ditambah lagi adanya support dari kesayangan. Terimkasih ya beib.. 😍😘
Oy, satu lagi.. pada tanggal 19 dan 20 Desember saat dimana aku kebut-kebutan edit resep, saat itu pula kami jadi tim beli masakan jadi mak.. hihihihi.. itu salah satu resep rahasia bisa cepat kelaar yak 😂🙊
Tapi sebenrnya di samping itu memang abi juga sudah lama pengen ngajak anaknya makan di luar, maka mamak pun menyambut ide itulah dengan gegap gempita 😍
Dan di hari ahad pun, abi tetiba kepengen makan dendeng di warung nasi deket rumah, naah pas banget lagi lah kan, mamak pun belum teruji untuk resep dendeng yang rasanya betul-betul maknyusss, jadilah kita beli lagi.. hihi

Dan akhirnya inilah beberapa Extra Impact yang aku rasakan hingga saat ini :
1. Management Dapur yang semakin lebih baik dari waktu ke waktu, sehingga terkadang ketika start masuk dapur dari jam 06.00 - 7.30 Wib, bisa menyelesaikan 2 sampai 3 masakan, untuk anak-anak yang selalunya anti pedas dan untuk dewasa yang penuh kepedasan serta sayur sebagai pelengkap 😁 (bagi aku pribadi ini hal yang luar biasa bangeett 😍) . Khusus pekan ini ada lebih dari 2 resep yang berhasil aku eksekusi, diantaranya Burjo Ketan Jelly (dibuat dalam 2 tahap, Jelly dan burjo ketan) Agar jelly lagi, Salad Buah, Gulai 3T, Infused Water 2 kali.
2. Kreatifitas semakin terasah terutama dalam membuat masakan dari bahan sederhana menjadi hidangan istimewa
3. Semakin ke sini, perhatianku dalam memasak tidak hanya soal rasa dan tampilan, tetapi juga dari segi gizi dan kesehatan harus menjadi prioritas utama.
4. Membaca lebih dari 50 resep, sangat menambah referensi tentang masakan dan membuka inspirasiku untuk berkreasi dalam mengeksekusi berbagai jenis masakan. Walaupun pada dasarnya akses untuk semua resep itu sangat terbuka bagi semua anggota grup, tapi jujur bagi aku pribadi, rasanya belum tentu aku akan membaca semuanya. Tapi dengan adanya peran yang aku ambil sebagai editor ini, alhamdulillah semua resep berhasil aku baca dan akupun langsung sudah ada ide mau recook resep siapa nantinya.. 😁. Hal ini juga sekaligus mengasah cerdas literasi terutama dalam menggunakan ejaan dan bahasa yang baik serta jelas dalam menuliskan resep masakan.
5. Kadar kebahagian mamak tentu saja semakin meningkat ya..😍 melihat masakan mamak yang disukai orang-orang tersayang. Bahkan si bebeb bilang sudah bisa open order nih, minimal untuk teman-teman terdekat.. 😁🤑🤑🤑
Baiklah.. nanti kita pikirin ya beib.. tq atas masukannya..😎😆

Bismillah, semangat eksekusi Xtra Miles lainnya di pekan berikutnya.. Semngat 💪😍

Terimkasih sudah mampir... salam #ogaholeng dan jangan lupa bahagia ya mak😘

#HexagonCity
#Hexagonia
#ZonaXtraMile
#ChallengeDeepDive
#KuliahBundaProduktif
#InstitutIbuProfesional

Post a Comment

0 Comments