Penting Mengajarkan ADAB Pada Anak Sejak Belia

Adsa tulisan bagus dan ilustrasi keren ni, semoga bermanfaat ya.

https://ghazicorner.blogspot.com/

https://ghazicorner.blogspot.com/

https://ghazicorner.blogspot.com/

https://ghazicorner.blogspot.com/


Penting sekali mengajarkan adab pada anak sejak belia. Pelajaran adab yang pertama kali ditanamkan pada mereka adalah bagaimana beradab pada Allah Ta'ala. Menjelaskan siapa Allah, dan siapa diri kita. Bagaimana kedudukan kita di hadapan-Nya. Apa hak Allah, dan apa kewajiban kita.

Ibnul Qayyim menyampaikan: "Jika tiba waktu anak-anak mulai bisa bicara, maka talqin mereka laa ilaaha illallaah muhammad rasuulullaah. Dan hendaknya menjadikan hal yang memasuki pendengaran mereka adalah pemahaman terhadap Allah, tauhid, bahwasanya Allah di atas 'arsy-Nya mengawasi mereka, mendengar perkataan mereka, membersamai mereka di manapun mereka berada." (lih. Manhajut Tarbawiyyatin Nabawiyyah Lilthifl, Muhammad Nur bin 'Abdul Hafidz, hal. 210)

Anak yang beradab kepada Allah Ta'ala, ia paham bahwa wajib taat dan patuh pada segala ketetapan-Nya, niscaya otomatis anak akan beradab pula kepada orang tuanya. Sebab, betapa banyak perintah berbakti dan beradab kepada orang tua tersebar dalam Al Qur'an dan sunnah Rasul-Nya. Dengan kata lain, anak patuh dan berbakti pada orang tua bukan semata untuk menyenangkan keduanya. Lebih dari itu, karena berbakti pada orang tua merupakan wujud kepatuhannya pada perintah Allah Ta'ala. 

Ketika tauhid telah mewujud dalam praktik keseharian anak-anak, maka patutlah kita optimis peradaban kaum muslimin yang indah akan kembali memancarkan pamornya. Sebab, tiada satupun yang berasal dari Allah dan Rasul-Nya, kecuali pasti akan mendatangkan kebaikan bagi kehidupan dunia dan akhirat kita. Wallahu a'lam.


IG: @abun_nada
: https://www.instagram.com/p/B7nKF-fBzES/?igshid=1g2x353rnbzf0

#tauhid
#adab
#ilustrasi
#komik

Post a Comment

0 Comments