Pentingnya Aqil Baligh secara Bersamaan

Pentingnya Aqil Baligh secara Bersamaan
Pentingnya Aqil Baligh secara Bersamaan

Review Diskusi Kelompok 5

Tema : Pentingnya Aqil Baligh secara Bersamaan
Tanggal : 13 Agustus 2019
Waktu : 15.00 WIB
Aqil adalah kondisi tercapainya kedewasaan psikologis, sosial, finansial serta kemampuan memikul tanggungjawab syari'ah. Sedangkan Baligh adalah kondisi tercapainya kematangan biologis dengan matangnya alat reproduksi ( mimpi basah utk laki2 dan haidh untuk perempuan )

Mambicarakan Aqil Baligh, ternyata selama ini banyak yang salah kaprah, termasuk aku sendiri..🙈

Berdasarkan hasil diskusi kelompok 5, dapat disimpulkn beberapa hal berikut:
- bahwa memang Aqil Baligh harusnya bersamaan. Anak yang tidak mencapai Aqil Baligh dalam waktu bersamaan atau mengalami kesenjangan waktu yang lebih cepat atau lebih lambat akan mengalami turbulensi kenalakan yamg berbahaya. Anak - anak menjadi susah diatur, suka melawan dll. 
 
- Mari kembalikan tujuan pengasuhan anak2 kita. Yaitu pengasuhan menjadikannya sebagai hamba yang bertaqwa, mendidik keimanan dan ketauhidannya, mendidiknya menjadi calon suami/isteri yang baik, menjadi calon Ayah/Ibu yang baik, menanamkan pendidikan akhlaq dan adab. Selanjutnya mulai mengajak mengenali potensi diri, membuka wawasan dan membantu memahami visi misi hidupnya

- Usia Aqil baligh dicapai pada usia 15 tahun. Menjelang itu ada perisiapan.yamg harus dilakukan Orangtua yang dimulai dari usia 10 - 14 tahun. Idealny ada 5 tahapan yang harus dilewati. Tahapan2 di atas telah dicontokan oleh Rasulullah.. terbukti bahwa pada usia 12 tahun, Rasululla sudah ikut dalam rombongan kafilah dagang..

Masya Allah.. bismillah kita belajar sama-sama ya nak. Agar anak-anak umi juga kelak Masa Aqil dan Balighnya bisa bersamaan. Aamiinn ya Allah..

Sekian Review diskusi kelompok 5, semoga bermanfaat 😘

#Harike5
#Bunsaylevel11
#Fitrahseksualitas
#kuliahbundasayangIIP

Post a Comment

0 Comments